quietasebo.blogg.se

Sistem Saraf Tepi
sistem saraf tepi












Sumsum Tulang Belakang (Medulla Spinalis) Vertebra (Tulang Keras, melindungi Chorda Spinalis belakang) ada 3 lapis selaput yg membungkus otak & chorda spinalis Meninges (Selaput) mengandung cairan serebrospinal.SISTEM SARAF TEPI (Peripheral Nervous System- PNS) PNS terdiri atas kumpulan syaraf yang merupakan perpanjangan dari otak dan spinal cord. Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia –sistem saraf tepi Pusat refleks utama. Fungsi sistem saraf Tepi Fungsi utama dari sistem saraf tepi adalah koneksi dan hubungan antara otak dan sumsum tulang belakang dengan seluruh tubuh: organ, anggota tubuh, dan kulit.SMPN 1 MEJAYAN IX / 1 IPA BIOLOGI – Science Biology 1. Melalui saraf tepi, saraf pusat dapat menerima dan memberi informasi ke berbagai bagian tubuh.Sistem Saraf Tepi (perifer) Sistem saraf somatik Terdiri atas 12 pasang saraf otak (saraf kranial) dan 31 pasang saraf sumsum tulang belakang (saraf spinal) Saraf kranial terdiri atas:-Sensorik (1,2 dan 8)-Motorik (3,4,6,11 dan 12)-Sensorik dan motorik (5,7,9 dan RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) Sekolah Kelas / Semester Mata Pelajaran Standar Kompetensi Kompetensi DasarSistem saraf tepi otonom atau vegetatif, pada gilirannya, dibagi menjadi sistem saraf simpatis dan sistem saraf parasimpatis. Saraf yang juga disebut saraf perifer ini bertugas menghubungkan saraf pusat ke berbagai organ tubuh, seperti lengan, kaki, maupun kulit. Sistem saraf tepi meliputi semua saraf di luar saraf pusat, yaitu otak dan sumsum tulang belakang.

Describing structure and function of brain and its parts. Describing types of neuron by shape1.3.3 Mendeskripsikan struktur dan fungsi otak beserta bagianbagiannya. – Describing coordinationSystem and senses organ in human and its relationship with health.1.3.1 Mendeskripsikan struktur dan fungsi jenis-jenis neuron pada manusia.1.3.2 Mendeskripsikan jenis-jenis neuron berdasarkan bentuknya.Describing structure and function types of neuron in human. Saraf tepi terdiri dari serabut saraf yang bertugas menghubungkan antara.Understanding various system in human life.: 1.3 Mendeskripsikan sistem koordinasi dan alat indera pada manusia serta hubungannya dengan kesehatan. Nerve: cranial nerve ( 12 pasang) dan spinal nerve (31 pasang: Cervical 8, Thoracic 12, Lumbar 5, Sacral 5 dan Coccigeal 1 pasang).Sistem saraf manusia dibagi menjadi dua, yaitu sistem saraf pusat dan sistem.

Menyebutkan fungsi sistem koordinasi.Menjelaskan struktur dan fungsi sel saraf (neuron). Menjelaskan pengertian sistem koordinasi. Describing work mechanism of sense organ in humanIdentify interference and disorder in human nervous system and senses to keep human health.: Peserta didik dapat: 1. Describing structure and function of human senses organ.

sistem saraf tepisistem saraf tepi

Mendeskripsikan mekanisme kerja alat indera pada manusia. Mendeskripsikan anatomi alat indera pada manusia. Menjelaskan bermacam-macam kelenjar endokrin pada tubuh manusia beserta hormon yang dihasilkannya. Memberikan beberapa contoh gerak refleks yang dilakukan manusia. Membedakan gerak biasa dan gerak refleks. Membedakan sistem saraf sadar dan sistem saraf tak sadar.

Explain the various endocrine glands in human body and hormones it produces.- Direct Instruction (DI) - Cooperative Learning2. Give some reflex examples the human do. Distinguish normal and reflex motion. ModelExplain the structure and function of the central nervous system Describes the structure and function of the brain and its parts Explain the structure and function of peripheral nervous system Distinguishing conscious nervous system and involuntary nervous system. Materi Pembelajaran Sistem koordinasi : (terlampir) 1.

Motivasi dan Apersepsi:  Kenapa tatkala kaki kita terantuk batu kita merasa sakit, mulut mengucap aduh, dan mata kita keluar air ?  Apa yang akan terjadi jika sistem saraf manusia rusak ? Prasyarat pengetahuan:  Sistem koordinasi tersusun atas sistem apa saja kah ?B.  Guru melakukan presensi kehadiran siswa sebagai wujud pembangunan karakter bangsa disiplin. Kegiatan Pendahuluan Introduction activities  Guru memberi salam: Assalamu’alaikum  Teacher greeting :Assalamu’alaikumWarohmatullahi wabarokaatuh  Guru meminta ketua kelas untuk memimpin doa dengan khidmat sebagai wujud pembangunan karakter bangsa religius. Langkah-langkah Kegiatan : PERTEMUAN PERTAMA Meeting I a. Method - Groups Discussion - Lectures - ObservationsD.

 Guru membimbing siswa membentuk 4 kelompok tanpa membedakan agama, status sosial, jenis kelamin sebagai sebuah wujud pembangunan karakter bangsa menghargai keberagaman. Motivation and apperception:  Why when our feet hit the stone we feel pain, mouth say ouch, and eyes out of water?  What would happen if the human nervous system is damaged? Prerequisite knowledge :  Coordinate system is composed of what are the system? Teacher initiated learning activities withPembelajaran dengan ceramah tentang pengertian sistem koordinasi, penyusun sistem koordinasi, dan fungsi sistem koordinasi.  Teacher ask captain of class to lead pray with reverence as a manifestation of religious national character building  Teacher take attendance student presence as a manifestation of dicipline national character building.

 struktur dan fungsi otak dan sumsum tulang belakang beserta bagianbagiannya, sebagai salah satu wujud membangun karakter bangsa menghargai keberagaman, kerja sama, demokratis, rasa ingin tahu, cinta ilmu, obyektif dan terbuka, cermat dan teliti.  struktur dan fungsi sistem saraf pusat.  sistem saraf pusat dan sistem saraf tepi.  bagian-bagian sistem saraf manusia.  neuron unipolar, neuron bipolar, dan neuron multipolar  mekanisme penghantaran impuls.  Peserta didik melakukan pengamatan charta : Sel saraf, sistem saraf pusat dan sistem saraf tepi, dan otak manusia dalam kelompok dilanjutkan berdiskusi tentang :  Neuron, struktur dan fungsi neuron, neuroglia  neuron sensorik, neuron motorik, dan neuron asosiasi.

Kegiatan Penutup  Guru memberi tes formatif tentang macam-macam neuron, bagian-bagian neuron, SSP dan SST, otak dan sumsum tulang belakang manusia.  Guru membuka sesi tanya jawab  Guru menanggapi jawaban siswa danC.  Guru memberikan penguatan hasil diskusi kelompok peserta didik dengan menjelaskan sel saraf, struktur dan fungsi sel saraf, aliran impuls saraf, sistem saraf pusat dan sistem saraf tepi, otak dan sumsum tulang belakang manusia dengan menggunakan slide powerpoint.

 parts of the human nervous system.  unipolar neurons, bipolar neurons and multipolar neurons  impulse delivery mechanism.  sensory neurons, motoric neurons and association neurons.  Students observe charts of: neuron, CNS and PNS, and human brain in students group than continued discuss the :  Neurons than, structure and function of neurons, neuroglia.  Teacher share LKS (student’s task) then inform the activities to be undertaken by each group.  Guru memberikan tugas rumah membuatA lecture on the meaning of coordination systems, compilers coordination system, and functions coordination system. Teacher guide students in forming 4 groups regardless of religion, social status, sex as a manifestation of appreciating diversity national character building.

Students presenting the results of group discussions in front of the class and other group members can respond, as a manifestation of responsibility, confidenly, democracy, objective and open minded national character building.  structure and function of the brain and spinal cord and its parts, as a manifestation of national character building respect for diversity, cooperative, democracy, curiosity, love of science, objective and open minded, precision and thoroughly.  structure and function of the central nervous system.

 Teacher guide students make a conclusion.  Teacher opened the question and answer session  Teacher respond to student answers and provide the correct information Closing activities  Teacher give formative tests about the various neurons, structure and function of neurons, CNS and PNS, human brain and spinal cord.

sistem saraf tepi